oleh

Dinperinaker Dukung Pekerja Manfaatkan Program Kartu Prakerja

TEMANGGUNG – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Temanggung mendorong para pekerja untuk memanfaatkan Program Kartu Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinperinaker Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono, Senin (9/8/2021), mengatakan secara umum sasaran penerima program ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah atau kuliah. Namun, untuk merespon pandemi Covid-19 program ini juga diprioritaskan bagi pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Baca Juga  Wakil Ketua MPR Hadiri Vaksinasi di Ponpes Buntet Cirebon

Untuk itu, Dinperinaker akan terus mendampingi para pekerja yang ingin mengikuti Program Kartu Prakerja. Hingga angkatan ke-6, sebanyak 3.842 pekerja di Temanggung sudah memperoleh insentif dari Program Kartu Prakerja.

Selain melakukan pendampingan terhadap pekerja untuk mengikuti Program Kartu Prakerja, Dinperinaker juga berupaya mengusulkan 3.400 orang pekerja swasta untuk diajukan kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendapat bantuan sembako, dalam rangka pemulihan ekonomi.

Baca Juga  Polres Bekasi Mulai Lakukan Tilang Elektronik

Tidak hanya itu, pihaknya saat ini sedang mengusulkan program padat karya, dan diharapkan pada bulan depan dapat direalisasikan. Adapun dalam satu paket program padat karya tersebut terdapat alokasi dana sebesar Rp40 juta untuk mempekerjakan minimal 20 orang.

“Kami mengusulkan hampir Rp4 miliar, mudah-mudahan disetujui. Teknisnya, uangnya nanti langsung diberikan ke desa untuk memberikan pendapatan penghasilan kepada masyarakat yang memang tidak punya penghasilan akibat pandemi,” pungkasnya. (*/cr1)

Baca Juga  Dishub Pekanbaru Resmi Kelola Lahan Parkir Indomaret dan Alfamart

Sumber: jatengprov.go.id

News Feed