oleh

Goong! Bazaar dan Festival Ramadhan 1442, Ramadhan Tiba, Ekonomi UKM Bangkit, Resmi Dibuka

Serang, Banten—Gelaran Bazaar dan Festival Ramadhan 1442 H.,”Ramadhan Tiba, Ekonomi UKM Bangkit” resmi dibuka oleh Drs. M. Agus Setiawan, A.W., M.Si. selaku Kepala Dinas Pariwisata Banten, didampingi Muhammad Hasan Gaido selaku, Founder Gaido Foundation, Sukandar, Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Banten, KH. Anang Azharie Alie, Ketua Presidium Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten,dan KH. Sulaiman Effendi, Ketua Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI).

Pada sambutannya, Agus Setiawan meyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini kami berharap melahirkan optimisme bagi UKM dan masyarakat untuk terus beraktivitas ekonomi.

“Tanpa perlu was-was, tapi dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Di momentum kegiatan ini, semoga dapat menjalin silaturahim antar sesama, saling mengenal, dan kolaborasi Saya juga bangga dalam kesempatan Bazaar ini untuk transaksi keuangannya sudah diupayakan secara digital melalui teknologi QRIS.” Ujar Agus Setiawan

Baca Juga  Filipina Anugerahi 'Grand Cross Datu Katangian Ginto (Gold Distinction)' Kepada Almarhum Dubes RI untuk Filipina

Selanjutnya, Muhammad Hasan Gaido selaku founder Gaido Foundation menyampaikan bahwa Gaido Foundation sudah sering melakukan kegiatan serupa ini hanya saja kali ini dalam kemasan kegiatan yang berbeda. Apabila sebelumnya biasa kami selenggarakan di hotel berbintang, tapi kali ini di momentum Ramadhan 1442 H, pertama kalinya kami adakan di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound dengan beragam rangkaian kegiatan hampir sebulan penuh.

“Kami tekankan ini adalah kegiatan yang Gaido Foundation inisiasi, bukan untuk mengambil alih peran pemerintah melainkan tentang menjalankan penguatan fungsi strategi yang selalu kami gaungkan yaitu kolaborasi ABG Cantik (Academcy, Business, Government, dan Community).” Ujar Hasan Gaido.

Baca Juga  Ini Langkah Pemprov Jateng untuk Lindungi Anak Yatim Piatu Covid-19

Disperindag secara gratis meminjamkan tenda-tenda bazaar untuk mendukung kegiatan ini. Apresiasi dan terima kasih kami sampaikan. Pada gelaran seminar, kami juga libatkan akademisi sebagai narasumber. Dari bisnis sudah jelas kegiatan ini berkolaborasi dengan kalangan bisnis, ada Bisnis Banten selaku organizer acara ini, danketerlibatan UKM-UKM kita, dan terakhir kolaborasi bersama komunitas, seperti kemarin kami hadirkan Perkumpulan Seni Budaya (PSB) untuk berbicara tentang pelestarian seni budaya khas Banten, kemudian Perkumpulan Urang Banten, Komunitas Cinta Banten, dll.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Himbau Pelajar di Pekanbaru Tidak Makan Bersama Saat PTM Terbatas

Selain itu, Gaido Foundation juga ingin bagaimana proses digitalisasi transaksi keuangan pada UKM-UKM semakin menguat di Banten, karena selama bazaar berlangsung transaksi menerapkan cashless melalui QRIS, apapun e-wallet dan mobile banking yang dipakai pelanggan.

Di pekan terakhir kegiatan ini akan diadakan charity bertajuk Gaido Foundation Berbagi Kebaikan Ramadhan
dengan kegiatan pembagian santunan anak yatim, pembagian santunan sembako, Bazaar sembako murah dan distribusi zakat fitrah. Di minggu yang sama juga digelar berbagai lomba untuk kategori TK dan SD, mulai dari hafalan surat pendek, Adzan, Muslim Fashion Show, Mewarnai dengan Pewarna Alami dan kategori umum, yaitu lomba memasak menu khas Banten. (**)

News Feed