oleh

Kini Ruang UGD di RSUD Bendan Pekalongan Sepi Pasien Covid-19

KOTA PEKALONGAN – Pasien Covid-19 di Kota Pekalongan terus menunjukkan penurunan. Salah satunya terlihat di RSUD Bendan, yang pada Jumat (20/8/2021), hanya ada enam orang pasien Covid-19 dirawat di ruang ICU, dan delapan orang lainnya dirawat di ruang isolasi.

“UGD kami yang sebelumnya penuh sampai menolak pasien, kini nol atau kosong. Untuk ketercukupan tempat kami, pasien Covid-19 memenuhi 100 persen ICU atau sebanyak enam ICU. Namun untuk non-ICU hanya digunakan delapan dari 55 atau kisaran 14 persen saja,” terang Direktur Utama RSUD Bendan, Junaidi Wibawa, saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga  Pemko Bersama Forkopimda Pekanbaru Bakal Bahas Tentang Pelaksanaan Ibadah Iduladha

Menurutnya, kondisi itu menunjukkan adanya penurunan kasus. Namun, pemerintah tetap waspasa dengan terus menegakkan diagnosis atau skrining.

“Ini agar pasien Covid-19 dapat terdeteksi sejak awal. Pasalnya, banyak pasien yang isoman meninggal dunia karena kurangnya penanganan pasien, kurangnya deteksi dan pengawasan, bahkan terbatasnya nakes yang memeriksa,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini stok oksigen di wilayahnya relatif aman, meskipun sempat terjadi kelangkaan oksigen beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Bansos Tetap Jalan, Untuk Vaksin Muhadjir Pastikan Kajian Telah Selesai

“Pada puncak kasus lalu oksigen yang digunakan yakni 1.500 sampai 2.000 meter kubik, sedangkan saat ini kebutuhannya mulai 700-800 meter kubik,” pungkas Junaidi. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed