oleh

Si Pahit Pare,Ternyata Memiliki Banyak Khasiat Bagi Tubuh

PARE atau dengan nama latin (Momordica Charantia) merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun (Cucurbitaceae).

Pare biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Meskipun rasanya pahit dan jarang diminati namun pare mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Di dalamnya juga terkandung mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang.

Di balik rasanya yang pahit ini ada segudang khasiat untuk kesehatan. Hampir dari semua bagian sayuran ini memiliki manfaat baik itu buah, biji, daun dan akar.

Temuan seorang profesor dari beijing mengungkapkan bahwa jika pare direndam dengan air panas maka hasil rendaman tersebut mengandung alkali. Di mana air alkali ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga  Bansos Tetap Jalan, Untuk Vaksin Muhadjir Pastikan Kajian Telah Selesai

Berikut manfaat dan khasiat air rebusan pare.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat pare dalam menurunkan kadar gula darah membuatnya sudah lama digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi diabetes.

Pare berfungsi dengan menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan proses dicernanya gula dalam tubuhSelain itu, pare juga mampu menurunkan kadar fruktosamin dalam tubuh yang dapat membantu Anda untuk mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang panjang

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pare mengandung antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh.

Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

  1. Meredakan Asma
Baca Juga  Produk UKM Jateng Berpeluang Masuk Jepang

Manfaat pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam.

Pare memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat pare juga mengandung vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal.

Vitamin K juga membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, dengan demikian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko mengalami patah tulang.

  1. Mengurangi Sembelit

Manfaat pare untuk kesehatan lainnya bisa mengurangi sakit sembelit.

Sebab, terdapat kandungan yang bisa merangsang gerak peristaltik dan pencernaan makanan melalui usus sampai dikeluarkan dari dalam tubuh.

Baca Juga  Daihatsu Santai Penjualan Sirion Kalah Jauh dari Mobil LCGC

Hal tersebut sangat membantu dan mengurangi gangguan pada pencernaan dalam masalah sembelit.

  1. Mengobati Jerawat

Manfaat air panas ekstrak pare dapat membantu kamu dalam mengobati jerawat, noda hitam, dan infeksi kulit.

Selain itu, pare yang pahit ini juga berguna untuk mengobati gangguan kulit disebabkan oleh darah kotor seperti, bisul, kudis, gatal, dan kurap.

Anti-oksidan yang banyak terdapat pada pare pahit yang mampu berguna sebagai anti penuaan pada kulit wajah.

  1. Anti Inflamasi

Manfaat pare selanjutnya datang dari kandungan antioksidan yang dimilikinya. Komponen ini memiliki kemampuan dalam meredakan peradangan di dalam tubuh. Itulah sebabnya pare dipercaya bisa melawan inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. (*/cr2)

News Feed